-- --
-- --



Judul: Anak Anak Ibrahim: Dialog Terbuka Mengenal Isu-Isu yang Memisahkan dan Menyatukan Muslim-Yahudi

Penulis: Rabi March Schneier dan Imam Shamsi Ali

Tahun Terbit: Cetakan I, Mei 2014

ISBN: 978-602-1306-43-7

Halaman: xx + 309 halaman

Dimensi: 14 × 21 cm

Penerbit: Mizan

Nomor Buku: 700/11


TAMAN BACA - Hampir dapat dipastikan, citra hubungan Muslim - Yahudi yang paling dominan kita kenal adalah rentangan kisah amarah sejak berabad-abad lalu, yang mengkristal dalam konflik antara Yahudi Israel dan Islam Palestina.

Tak Hanya terbatas di Timur Tengah, citra inilah yang kemudian meracuni hubungan Muslim - Yahudi di seluruh dunia.

Dalam buku ini, Rabi Marc Schneier, yang tumbuh dengan keyakinan bahwa setiap Muslim adalah antisemit, dan Imam Shamsi Ali, yang percaya bahwa setiap Yahudi ingin menghacurkan Islam, mengisahkan perjalanan mereka hingga menjadi kawan dan menjernihkan berbagai ide kaliru yang sering digunakan ekstremis kedua agama untuk membenarkan tindakan mereka. 

Seperti; konflik Israel-Palestina, keduanya bicara blak-blakan soal pentingnya mengadakan diskusi sipil dan mencapai solusi yang damai. Bahkan Rabi Marc Schneier dan Imam Shamsi Ali menantang umat Yahudi dan Islam untuk keluar dari zona nyaman mereka, menemukan kesamaan dalam tradisi Ibrahim keduanya.

Lalu berdampingan dan berjuang demi mencapai dunia yang lebih baik bagi seluruh umat manusia. Rabi Marc Schneier dan Imam Shamsi Ali berani secara jujur mengupas isu-isu yang memisahkan sekaligus menyatukan Muslim dan Yahudi. 

Mengalahkan prasangka, keduanya secara bersama menghadapi ancaman antisemitisme dan islamofobia, demi dialog yang didasari sikap saling menghormati demi terciptanya perdamaian di antara sesame Anak-Anak Ibrahim.

-- --